12 Kunci Menjadi Pemimpin Teladan

Dipublikasi Setahun lalu - Berita > E-Bisnis    |    Dibaca: 179 Kali    |   

Selain ambisi, 12 aksi ramah berikut ini akan membuat Anda menjadi pemimpin yang layak untuk diteladani.

1. Percaya diri dan punya empati

Seseorang akan mengikuti bila tahu Anda punya tujuan dan tahu akan melangkah kemana. Namun tak semua orang bisa melihat jalan yang Anda tempuh dari sudut pandang yang sama. Lihatlah jalan itu dari perspektif mereka, lalu bantulah mereka menemukan jalan tersebut.

2. Tepat waktu sekaligus fleksibel

Pemimpin yang baik bisa mengatur waktunya dan menghargai waktu orang lain juga. Namun ada begitu banyak kesibukan dan gangguan yang tak terduga. Saat seseorang terlambat, tanyakan lebih dulu alasannya ketimbang langsung berasumsi negatif.

3. Bangga namun rendah hati

Seorang pemimpin tentu saja harus bangga dengan prestasi yang telah dicapai. Namun para pekerjanya akan merasa lebih senang lagi bila mereka turut diakui dalam pencapaian prestasi tersebut.

4. Disiplin dan berperikemanusiaan

Disiplin membuat pekerjaan diselesaikan secara efisien dan efektif. Namun tak seorang pun bisa bekerja nonstop seperti robot. Biarkan manusia menjadi manusia. Mereka juga perlu istirahat. Tunjukkan pada anak buah bahwa Anda bisa diajak bercanda juga. Gurauan mempererat hubungan dan menunjukkan sisi kemanusiaan seseorang.

5. Bersedia menghargai

Meski Anda sang pemilik perusahaan, namun kalau ada karyawan yang sudah mencetak prestasi, maka berikan penghargaan padanya. Bahkan dorong semua karyawan berprestasi, hargai itu, dan Anda akan melihat lebih banyak lagi pencapaian dalam bisnis.

6. Tajam namun bijaksana

Pemimpin pasti memimpin dan bertanggung jawab terhadap apa yang terjadi di perusahaannya. Namun tak semua konflik harus diatasi dengan mengerahkan daya yang besar. Kenali setiap situasi, dan bertindaklah seperlunya untuk mengatasi masalah yang ada. Jangan sampai tanggapan atau solusi yang Anda kemukakan menjadi sumber masalah baru.

7. Spontan namun tidak gegabah

Saat menghadapi situasi darurat, pemimpin sejati tahu bagaimana harus mengambil keputusan cepat namun tetap penuh perhitungan.

8. Menjadi teladan

Teladan dan pengetahuan yang dibagikan, misalnya soal cara Anda mengambil keputusan, merupakan ilmu tak ternilai bagi pegawai yang menginginkan kesuksesan serupa dengan Anda.

9. Tegas namun berbelas kasih

Kebanyakan pemimpin sejati disukai para bawahannya karena mereka menegakkan peraturan dengan tegas. Meski demikian mereka tidak diktator, namun memiliki belas kasihan dalam mengoreksi kesalahan, agar karyawannya bisa belajar dari itu.

10. Murah hati dan bersedia berterima kasih

Pemimpin harus membuka diri mereka secara konstan. Mereka harus bersedia memberikan waktu, pengetahuan, energi, motivasi, dan pandangan. Semakin banyak yang diberikan, makin sukses timnya. Ia tetap ingat bahwa timnya bisa jadi melakukan hal yang sama, dan tak segan berterima kasih untuk itu.

11. Pendengar yang baik

Mendengarkan berbeda dengan menyetujui. Namun meski ditolak, bila seorang pemimpin bersedia mendengarkan dengan baik, maka bawahannya akan merasa dihargai.

12. Menjadi pemimpin yang melayani

Pemimpin teladan adalah mereka yang tahu kapan saatnya mundur dan membiarkan orang lain yang berkompeten memimpin.



« kembali

Komentar


Nama *

Email

Komentar

Masukan Jawaban

[javascript protected] =